Profil Habib Segaf Baharun yang Menginspirasi

Dr. K.H. Habib Segaf Baharun, M.H.I., lahir pada hari Jumat, 7 Juni 1974, adalah anak kedua dari Habib Hasan Bin Ahmad Baharun, pendiri Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (Dalwa) di Bangil, Pasuruan.

Profil Habib Segaf Baharun yang Menginspirasi

Pendidikan Habib Segaf Baharun

Habib Segaf Baharun menyelesaikan pendidikan dari SD, MTs hingga MA di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah. Selanjutnya, beliau melanjutkan pendidikan sarjana (S1) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Dalwa, jurusan Hukum Islam. 

Selama dua tahun, Habib Segaf Baharun turut serta dalam pengelolaan dan pendidikan di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah sebelum pergi ke Yayasan Ribath yang dipimpin oleh Al-Habib Zain bin Ibrohim bin Sumaith di Madinah, Arab Saudi.

Di Madinah, beliau mendalami ilmu-ilmu agama Islam selama empat tahun, fokus pada bidang ilmu fiqih, seperti ibadah, syari’ah, dan mu’amalah; ilmu alat, seperti nahwu, shorof, dan balaghoh; serta ilmu tasawwuf. Selama di luar negeri, beliau berguru kepada banyak ulama besar, termasuk Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani, Habib Salim Asy-Syathiri, Habib Umar al-Hafidz, dan lainnya.

Setelah kembali dari studi di luar negeri, Habib Segaf Baharun melanjutkan pendidikan magister (S2) di Universitas Sunan Giri Surabaya, jurusan Hukum Islam. Pada 5 September 2018, beliau meraih gelar Doktor (S3) dalam bidang Bahasa Arab setelah dua tahun mengikuti program pendidikan doktoral di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Saat ini, beliau masih menyelesaikan program pendidikan doktoral di Universitas Teknologi Malaysia.

Buku atau Kitab Karya Habib Segaf Baharun

Habib Segaf Baharun terkenal sebagai ulama yang produktif dengan 20 judul buku atau kitab hasil karyanya. Buku-bukunya mencakup berbagai permasalahan agama, seperti fiqih kewanitaan, tasawwuf, ibadah sholat, zakat, haji, muamalah, jinayah, kafaroh, puasa, dan berbagai macam ibadah lainnya.

Peran dan Kegiatan Lainnya

Habib Segaf Baharun tidak hanya aktif sebagai penulis dan pengajar, tetapi juga menjabat sebagai Rektor Institut Agama Islam (IAI) Dalwa. Beliau juga menjadi pengasuh, penasehat, serta pembicara di beberapa majelis di berbagai kota, seperti Majelis Subuhan Al-Busyro di Bangil, Jawa Timur. 

Beliau sering mengisi berbagai acara di seluruh Indonesia sebagai pembicara, penceramah, dan konsultan, termasuk seminar umum, acara TV seperti Aswaja Net dan Nabawi TV, serta radio Nabawi TV. Rutin berdakwah di daerah-daerah terpencil di Indonesia menjadi salah satu kegiatan beliau yang tetap dilakukan setiap tahun.

Semoga kita dapat mengambil teladan yang baik dari perjalanan hidup dan kontribusi positif dalam dunia agama yang telah dilakukan oleh Dr. K.H. Habib Segaf Baharun. Amin.


Share: