Berbagai Macam Norma Dalam Kehidupan

Norma adalah ketentuan atau aturan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat yang digunakan sebagai panduan, tatanan, serta kendali tingkah laku yang sesuai dan diterima.

Menurut ahli Soerjono Soekanto: norma merupakan suatu perangkat yang diterapkan agar hubungan di suatu masyarakat bisa terlaksana dengan sebagaimana mestinya.

Macam - Macam Norma dan Penjelasannya

Ada beberapa norma yang berlaku di masyarakat. Berikut adalah penjelasan macam-macam norma:

1. Norma Agama

Norma agama merupakan norma yang berdasar pada ajaran atau kaidah suatu agama. Sifat norma ini mutlak sehingga penganutnya harus menaati norma ini. Pada sebagian agama, penganut yang taat akan diberikan keselamatan di akhirat, sedangkan yang melanggar akan mendapat hukuman di akhirat.

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah norma yang didasarkan pada akhlak atau hati nurani manusia. Norma ini bersifat universal, yang berarti semua orang di dunia memilikinya, namun bentuk dan perwujudannya berbeda.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan merupakan norma yang berasal dari aturan tingkah laku yang berlaku dalam masyarakat. Norma ini sifatnya relatif, artinya penerapan di setiap tempat bisa berbeda-beda.

4. Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan adalah hasil dari perbuatan yang dilakukan berulang sehingga menjadi suatu kebiasaan. Akibatnya, orang yang tidak melakukan akan dianggap aneh oleh masyarakat di sekitarnya.

5. Norma Hukum

Norma hukum merupakan himpunan petunjuk hidup atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat (negara). Norma ini bersifat mengikat dan memaksa.


Share: